Adalahpenentuan Bagaimana Kebijakan Perusahaan Untuk Melayani Penjualan

Pola Produksi

Pola Produksi adalah penentuan bagaimana kebijakan perusahaan untuk melayani penjualan.



Macam - Macam Pola Produksi
1. Pola produksi konstan atai horizontal : ialah dimana jumlah yang diproduksi setiap periode tetap sama.
2. Pola produksi bergelombang : ialah jumlah yang diproduksi setiap periode tidak sama mengikuti perubahan
    tingkat penjualan dalam perusahaan.
3. Pola produksi moderat : ialah gelombang produksi tidak tajam, sehingga mendekati konstan.

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pola Produksi
1. Pola penjualan
2. Pola biaya ;
    a. biaya perputaran tenaga kerja
    b. biaya simpan
    c. biaya lembur
    d. biaya subkontrak
3. Kapasitas maksimum kemudahan produksi.

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Pabrik
1. Lingkungan masyarakat
2. Sumber alam
3. Tenaga kerja
4. Transportasi
5. Pembangkit tenaga listrik
6. Tanah untuk ekspansi

Metode Pemilihan Lokasi Pabrik
1. Metode kuantitatif : ialah menilai secara kuantitatif baik buruknya suatu kawasan untuk pabrik sehubungan
    dengan faktor-faktor yang terdapat didaerah tersebut, sehingga perusahaan sanggup membandingkan keadaan
    kawasan satu dengan kawasan lain.
2. Metode kualitatif : ialah konsep biaya tetap dan biaya variabel dari lokasi yang berbeda sanggup menciptakan
    korelasi antara biaya dan volume produksi yang berlaku bagi masing-masing lokasi.
3. Metode transportasi : ialah suatu alat untuk memecahkan duduk perkara yang menyangkut pengiriman barang,
    dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Tujuan transportasi adalah dari mana dan berapa jumlah yang harus didistribusikan pada masing-masing lokasi, sehingga biaya distribusi minimum.

Perencanaan Layout ialah perencanaan dari kombinasi yang optimal antara kemudahan produksi serta semua peralatan dan kemudahan terlaksananya proses produksi.

Tujuan Pelaksanaan Layout ialah untuk mendapat kombinasi yang paling optimal antara fasilitas-fasiltas produksi.

Layout Diperlukan Dalam Perusahaan Karena :
1. Adanya perubahan desain produk
2. Adanya produk baru
3. adanya perubahan volume permintaan
4. Lingkungan kerja yang tidak memuaskan
5. Fasilitas produksi yang ketinggalan jaman
6. Penghematan biaya
7. Adanya kecelakaan dalam proses produksi
8. Pemindahan lokasi pasar/konsentrasi terhadap pasar

Kriteria Penyusunan Layout :
1. Jarak angkut yang minimum
2. Penggunaan ruang yang efektif
3. Keselamatan barang-barang yang diangkut
4. Fleksibel
5. Kemungkinan perluasan masa depan
6. Biaya diusahakan serendah mungkin
7. Aliran material yang baik

Langkah-Langkah Perencanaan Layout :
1. Melihat perencanaan produk yang mengatakan fungsi-fungsi dimiliki produksi tersebut
2. Menentukan perlengkapan yang akan diharapkan dan menentukan mesin-mesinnya.
3. Analisa dan keseimbangan urutan pekerjaan, flow casting dan penyusunan diagram blok daripada layout.

Klasifikasi Perencanaan Layout
1. Adanya perubahan-perubahan kecil dari layout yang ada
2. Adanya perubahan-perubahan kemudahan produksi yang baru
3. Merubah susunan layout alasannya ialah adanya perubahan kemudahan produksi
4. Pembangunan pabrik baru

Macam - Macam Layout
1. Produk layout
    ialah berurutan sesuai dengan jalannya proses produksi dari materi mentah hingga menjadi barang jadi.
2. Proses layout
    Adalah kesamaan proses atau kesamaan pekerjaan yang memiliki fungsi yang sama dikelompokkan dan
    ditempatkan dalam ruang tertentu.
3. Fixed position (layout kelompok)
    Adalah susunan komponen untuk proses produksi diletakkan didekat tempat proses produksi dilaksanakan.
4.  Material handling
    Adalah ilmu untuk memindahkan, membungkus dan menyimpan bahan-bahan dalam segala bentuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945