Fungsi Sumber Daya Alam Dalam Kehidupan Insan Dan Pembangunan Nasional



A. Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia

Ø  Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati
Sumber daya alam hayati yaitu semua makhluk hidup yang ada di bumi, seperti: hewan, tumbuhan, dan mikroba. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedangkan sumber daya alam dari binatang disebut sumber daya alam hewani.

1) Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Nabati bagi Kehidupan
Sebagian besar sumber daya alam nabati di Indonesia berfungsi sebagai tumbuhan budidaya pangan, sandang, materi baku kayu olahan, dan obat-obatan.
 a) Sumber Daya Alam Nabati sebagai Budi Daya Pangan
Sumber daya alam nabati sebagai tumbuhan budidaya pangan sanggup dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Tanaman sebagai sumber karbohidrat, seperti: padi, ubi, jagung, dan kentang. Tanaman sebagai sumber lemak, antara lain: kacang tanah, kelapa, dan kelapa sawit. Tanaman sebagai sumber protein, diantaranya yaitu kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan yang lainnya. Sedangkan tumbuhan yang merupakan sumber vitamin, yaitu: sayur-sayuran.
b) Sumber Daya Alam Nabati sebagai Budi Daya Sandang
Sumber daya alam hayati yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber materi sandang atau materi pakaian, antara lain yaitu serat rami sebagai materi dasar rayon, kapas sebagai materi dasar katun, dan serat sisal sebagai materi dasar linen. Seiring dengan berkembangnya teknologi, penemuan sebagai materi dasar kain dari tumbuhan didapat juga dari serat nanas dan pisang serta tanaman-tanaman yang mempunyai kandungan selulosa (serat tumbuhan) yang tinggi. Pakaian yang asalnya dari materi tumbuhan, biasanya mempunyai nilai jual yang tinggi, lantaran produksinya yang terbatas dan perlakuan bahannya yang khusus. Selain itu, mempunyai sifat-sifat yang hampir sama, yaitu: kuat, gampang kusut, padat, dan tahan penyetrikaan.

 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional

c) Sumber Daya Alam Nabati sebagai Komoditas Kayu Olahan
Sebelum insan mengenal perkakas rumah tangga dari besi, alumunium, dan sejenisnya, insan telah memanfaatkan aneka macam jenis kayu sebagai materi baku untuk menopang kehidupan. Pemanfaatan kayu olahan digunakan untuk pembuatan mebel, menyerupai kayu jati dan kayu-kayu yang lain yang telah dibudidayakan dari hutan, seperti: meranti, rotan, rasamala, dan bambu.
d) Sumber Daya Alam Nabati sebagai Bahan Obat-obatan
Selain digunakan sebagai sandang, pangan, dan materi baku, tumbuhan sebagai sumber daya alam nabati bagi insan juga sanggup digunakan sebagai obat-obatan. Tanaman yang digunakan sebagai materi obat-obatan biasanya dikenal dengan istilah apotek hidup, tanaman-tanaman ini contohnya kumis kucing, jahe, kunyit, kencur, dan temu lawak, termasuk bunga Rosella. Bunga Rosella yaitu salah satu sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi/gizi dan baik untuk kesehatan manusia. Fungsi dan kandungan nutrisi Rosella, sangat bermanfaat sebagai materi antiseptik. Adapun manfaat dari bunga Rosella untuk kesehatan manusia, diantaranya yaitu : Menurunkan tekanan darah tinggi (menstabilkan tekanan darah), kolesterol, ambeien, batuk, panas dalam, jantung, dan lainnya. Melancarkan peredaran darah, kencing, dan buang air besar, memperbaiki saluran kencing, dan ginjal. Sebagai pengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang sehabis berolahraga, dan juga sebagai tonikum yang menyegarkan. Mengontrol berat badan, memperbaiki pencernaan, dan mencerahkan kulit. Berbagai hasil olahan dan kemasan bunga Rosella sanggup berupa: sari bunga Rosella dan teh bunga Rosella. Bagi produsen penghasil produk olahan, bunga Rosella sanggup menjadi aset peluang yang besar untuk meningkatkan perekonomiannya, lantaran sanggup diperjualbelikan di pasar. Berbagai tumbuhan lain yang juga dimanfaatkan di Indonesia antara lain sebagai berikut: teh, kopi, tebu, tembakau, lada, gambir, vanili, dan sebagainya untuk keperluan industri. cengkih, serai, tengkawang, kayu putih, dan kenanga sebagai sumber minyak atsiri. anggrek, mawar, melati, dan lain-lain sebagai tumbuhan hias, sanggup menyemarakkan kehidupan insan dan juga meningkatkan nilai budaya. kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainnya sebagai sumber protein.

 2) Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hewani bagi Kehidupan
Sumber daya alam hewani, digunakan sebagai sumber pangan, dalam hal ini, pangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan insan sebagai makanan sehari-hari, misalnya: ikan, binatang ternak, dan lain sebagainya.
 a) Perikanan
Perikanan merupakan sumber daya alam hayati yang sangat potensial di Indonesia lantaran 2/3 wilayah Indonesia ialah perairan. Sumber daya perikanan merupakan sumber makanan bagi kehidupan manusia.
 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional
Selain itu, sumber daya perikanan juga sering dimanfaatkan insan sebagai sarana hiburan, contohnya dengan memancing ikan, baik itu di perairan darat ataupun laut. Hasil-hasil maritim juga sanggup dimanfaatkan sebagai materi aneka kerajinan, menyerupai tampak pada gambar berikut.
b) Peternakan
Peternakan merupakan salah satu sumber daya alam hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Sumber daya alam hayati peternakan sanggup berupa binatang liar maupun binatang yang sudah dibudidayakan. Peternakan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
(1) Peternakan Potong dan Kerja
Jenis peternakan potong dan kerja dimanfaatkan oleh insan untuk melaksanakan aneka macam kegiatan, seperti: mengangkat barang-barang, membajak sawah, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya, binatang juga diambil dagingnya. Macam-macam binatang yang termasuk didalam jenis ini, antara lain: sapi, kambing, kuda, dan domba.
(2) Peternakan Perah Susu merupakan penyempurna konsumsi manusia, kalian niscaya pernah mendengar kalimat "empat sehat lima sempurna". Susu merupakan salah satu produk utama dalam peternakan perah. Sapi, kambing, dan kuda, merupakan beberapa jenis binatang yang diambil air susunya untuk memenuhi kehidupan manusia. Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia.
(3) Peternakan Unggas
Peternakan unggas merupakan jenis binatang yang mempunyai bulu dan sayap untuk diambil daging ataupun telurnya. Beberapa binatang yang termasuk didalamnya, seperti: ayam, bebek, kalkun, dan merpati.
 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional
(4) Aneka Satwa
Aneka satwa merupakan binatang yang belum usang didomestikasi. Aneka satwa digunakan sebagai penghasil materi pangan berprotein tinggi. Contoh aneka satwa, diantaranya: lebah madu, cacing tanah, ulat sutera, burung unta, dan burung walet.
Ø  Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Non Hayati
Selain sumber daya alam hayati, ada pula sumber daya alam non hayati yang sanggup ditemui di lingkungan sekitar kita. Contoh sumber daya alam non hayati, yaitu: materi tambang, air, panas bumi, dan udara. Selanjutnya marilah kita pelajari lebih mendalam, ihwal fungsi dan tugas sumber daya alam non hayati bagi kehidupan manusia.
 1) Sumber Daya Alam Bahan Tambang
Keberadaan materi tambang di Indonesia, sangat banyak bahkan hingga diperebutkan oleh negara-negara lain di dunia. Pertambangan merupakan suatu kegiatan yang perlu perencanaan secara baik dan matang, alasannya yaitu harus selaras dengan kelestarian lingkungan hidup yang harus sanggup terjaga dengan baik.
Penggolongan materi galian berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 1967 ihwal Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan, dibagi menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu:
Bahan galian golongan A, yaitu materi galian golongan strategis. Strategis dalam hal ini yaitu strategis bagi pertahanan/keamanan negara atau bagi perekonomian negara;
Bahan galian golongan B, yaitu materi galian vital, yaitu materi galian yang diguanakan untuk menjamin hajat hidup orang banyak;
Bahan galian golongan C, yaitu materi galian yang tidak termasuk golongan A dan B.





 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional
 





















Menurut pemanfaatannya, materi galian potensial bernilai ekonomi tinggi di Indonesia dikelompokkan atas tiga golongan, yaitu:
Bahan galian logam/bijih (ore); yaitu materi galian yang bila diolah dengan teknologi tertentu, akan sanggup diambil dan dimanfaatkan logamnya, seperti: timah, besi, nikel, tembaga, emas, perak, seng, dan sebagainya.
Bahan galian energi; yaitu materi galian yang dimanfaatkan untuk energi, misalnya: kerikil bara dan minyak bumi.
Bahan galian industri; yaitu materi galian yang dimanfaatkan untuk industri, seperti: asbes, aspal, bentonit, kerikil gamping, dolomit, diatomae, halit, talk, gipsum, kaolin, zeolit, dan tras.
Peranan dari perjuangan pertambangan dan materi galian di Indonesia, yaitu sebagai berikut:
ü  Menambah pendapatan negara.
ü  Memperluas lapangan kerja.
ü  Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
ü  Memajukan industri dalam negeri.
Sebagai pemasok kebutuhan barang tambang dan galian dalam negeri. Minyak bumi dan gas alam sebagai materi bakar atau sumber energi. Pasir atau kerikil sebagai materi bangunan, Emas, intan, dan perak, sebagai perhiasan. Bahan industri dalam negeri.
2) Sumber Daya Alam Tanah
Fungsi dan tugas sumber daya alam dalam kehidupan insan juga terlihat dari fungsi dan tugas tanah sebagai salah satu sumber daya alam penting di Indonesia. Tanah merupakan hasil dari pelapukan batuan-batuan dan sisa-sisa materi organik yang hancur lantaran proses alamiah. Tanah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lokasi tempat tinggal dan tempat menjalankan aneka macam kegiatan kehidupan manusia. Rumah, gedung, dan hotel, tentunya dibangun di atas permukaan tanah. Hal tersebut, menciptakan tanah mempunyai nilai irit lantaran sanggup diperjualbelikan atau disewakan. Selain itu, tanah juga digunakan oleh insan untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian dan perkebunan, merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh insan dalam memenuhi kebutuhannya yang sangat membutuhkan tanah.

 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional

Tanah yang berasal dari material gunung api, mengandung aneka macam unsur hara yang sanggup meningkatkan kesuburan tanah. Perilaku insan dalam memanfaatkan tanah secara eksklusif sanggup menghipnotis kesuburan tanah, seperti: tidak pernah dipupuk dan selalu ditanami sepanjang tahun tanpa diistirahatkan. Tanah juga mempunyai fungsi ekologis, yaitu: sebagai tempat untuk menyimpan cadangan air. Bencana kekeringan dan banjir, yaitu salah satu akhir apabila fungsi ekologis tanah yang telah rusak.

3) Sumber Daya Alam Air
Fungsi dan tugas sumber daya alam dalam kehidupan insan juga terlihat dari fungsi dan tugas air sebagai salah satu sumber daya alam penting di Indonesia. Air merupakan elemen yang menutupi 2/3 dari luas permukaan bumi. Jenis air yang setiap hari kita manfaatkan ialah air tawar yang hanya 3% dari total volume air yang ada di dunia. Dari 3% tersebut, masih dibagi lagi menjadi: gletsyer (69%), air tanah (30%), air permukaan (0,3%), dan bentuk lainnya (0,9%). Air tanah dan air permukaan yaitu jenis yang digunakan untuk ememnuhi kebutuhan kita sehari-hari, yaitu: untuk minum, mandi, mencuci, dan sebagainya. Air juga berperan dalam mengatur suhu tubuh insan dan sumber ion yang diharapkan oleh tubuh manusia. Tanpa air, insan tidak akan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, air di permukaan bumi juga menjadi tempat tinggal aneka macam macam makhluk hidup lain. Ikan-ikan, baik di maritim maupun di darat, dimanfaatkan oleh insan sebagai sumber makanan yang kaya akan gizi.
Pertanian dan perkebunan sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan manusia, juga membutuhkan air, lantaran pada hakikatnya, semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Air juga memegang pernan penting sebagai sarana transportasi. Di daerah-daerah pedalaman Kalimantan, transportasi air masih sangat diandalkan. Transportasi air juga digunakan untuk sarana penyeberangan antarpulau. Wawasan Belanda yaitu salah satu negara di dunia yang sebagian daerahnya terdapat di bawah permukaan air laut. Tinggi permukaan tanah Belanda sangat rendah, hampir separuh negara ini berada di bawah permukaan maritim yaitu 6,76 meter di bawah permukaan laut. Akan tetapi, Belanda tidak kehabisan akal. Mereka menciptakan tanggul (bendungan raksasa) di sekitar pantai, untuk menampung air laut.
Hal ini menjadikan Belanda, salah satu negara termaju dalam mengelola sumber daya air di dunia.
a) Sumber air danau
Danau merupakan massa air yang berada di suatu cekungan (ledok/basin) yang terdapat di daratan. Danau terbesar di Indonesia yaitu danau Toba yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara.


 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional
 
























Pemanfaatan danau di bidang ekonomi yang umum dilakukan di Indonesia, yaitu:
(1) Cadangan Air Bersih Keberadaan air di danau dengan volume yang sangat besar, maka sanggup digunakan sebagai penyuplai air tanah dangkal maupun air tanah dalam. Keberadaannya akan membantu sekali, ketika animo kemarau panjang.
(2) Air Irigasi Irigasi merupakan faktor utama dalam hal pertanian. Danau merupakan andalan utama untuk memenuhi kebutuhan irigasi, pada ketika kemarau panjang. Kebutuhan air irigasi tidak sanggup tercukupi melalui saluran lokal, maka waduk buatan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
 (3) Pariwisata Danau yang terbentuk secara alami maupun buatan, apabila dikelola menjadi suatu objek tujuan wisata, akan mempunyai daya tarik sendiri. Keberadaan danau alami maupun buatan, tujuannya untuk keberadaan wisata air.
(4) Perikanan Salah satu manfaat danau yaitu untuk pengembangan perikanan darat. Air yang melimpah akan bisa menampung ataupun menjadi penyuplai kebutuhan air di empang, tetapi ketika ini penggunaan karamba juga untuk menunjang adanya wisata air.
(5) Pembangkit Tenaga Listrik Apabila cadangan air yang ada di danau cukup besar dan bisa untuk dijadikan sumber tenaga hidrolistrik, maka danau/waduk menjadi potensial untuk dijadikan sumber pencetus turbin untuk pembangkit listrik tenaga air.
Sungai yaitu massa air yang secara alami mengalir melalui suatu lembah. Kebanyakan sungai, mengalir di permukaan bumi ke tempat yang lebih rendah dan sebagian meresap di bawah permukaan tanah. Aliran sungai, tidak tetap. Kadang deras dan kadang lambat, tergantung pada kemiringan sungai. Alirannya mengikuti saluran tertentu, yang di kanan-kirinya dibatasi tebing yang curam.
Pemanfaatan serta tugas sungai dalam pengembangan ekonomi, adalah:
(1) Sumber Air Industri Aliran sungai di Indonesia pada bidang industri, umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan air minum. Perusahaan ini memanfaatkan air sungai sebagai materi baku untuk disuling dan diolah menjadi air mineral yang menyegarkan bagi masyarakat secara luas. Hal ini terperinci sangat mendukung perkembangan ekonomi negara, mengingat pengambilan materi baku di sungai sanggup meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan.
 (2) Irigasi Pemnfaatan untuk irigasi pada umumnya dilakukan oleh petani untuk mengairi sawah atau kebunnya, supaya kebutuhan air pada tanamannya sanggup terpenuhi sehingga hasil panennya pun akan menjadi maksimal. Jika hasil panen maksimal, maka pendapatan yang akan diperoleh pun akan optimal.
(3) Perikanan Usaha perikanan sering dilakukan masyarakat, terutama pada sungai-sungai besar dengan anutan yang tidak begitu deras. Masyarakat pada umumnya membangun keramba atau kolam ikan, bersahabat dengan sungai. Pemilihan tempat yang demikian, sangat menguntungkan petani, lantaran pembuangan limbah serta pengisian kembali kolam dengan air, sanggup dilakukan dengan cepat tanpa harus memompa terlebih dahulu menyerupai jikalau pembuatan kolam jauh dari sungai.
(4) Transportasi Sungai juga sanggup dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, menyerupai di Pulau Kalimantan. Di pulau tersebut, sungai yang ada, cukup, termasuk sungai besar sehingga aksesibilitasnya akan lebih cepat dan murah melalui sungai daripada melaui daratan.
(5) Rekreasi Pemanfaatan sungai yang lain yaitu sebagai destinasi wisata. Pada umumnya sungai yang dipilih sebagai destinasi wisata yaitu sungai yang mempunyai banyak jeram, sehingga sanggup dimanfaatkan sebagai wisata arung jeram.
(6) Sumber Bahan Bangunan (pasir dan batu) Selain sebagai penyuplai air, sungai juga bisa menyuplai materi bangunan, seperti: pasir dan batu. Terlebih lagi pada sungai-sungai yang mempunyai hulu di sekitar gunung berapi, seperti: Sungai Gendol, Sungai Code, dan Sungai Progo.
Setiap makluk yang hidup di permukaan bumi ini niscaya membutuhkan udara, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Lapisan udara di permukaan bumi disebut atmosfer, yang dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: nitrogen sebesar 78%, oksigen 21%, serta 1% berupa uap air; karbon dioksida; dan gas-gas lain. Oksigen yaitu udara yang sehari-hari kita hirup dan diharapkan oleh tubuh insan dari aneka macam jenis udara yang terdapat di atmosfer. Nitrogen juga, bermanfaat bagi kehidupan manusia. Nitrogen bagi tumbuhan, membantu mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan produksi bibit dan buah, serta memperbaiki kualitas daun dan akar. Selain itu, udara yang bergerak, atau biasa kita sebut dengan angin, juga mempunyai peranan yang besar bagi kehidupan manusia.
Bangsa-bangsa Barat yang tiba ke Indonesia pada masa lampau, memakai kapal-kapal yang digerakkan oleh tenaga angin. Angin juga sanggup digunakan sebagai sumber energ, caranya: dengan mengubah energ gerak angin menjadi energi listrik. Udara juga dimanfaatkan oleh insan sebagai sarana rekreasi dan olahraga, seperti: terjun payung, gantole, terbang layang, dan main layang-layangan.

B. Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional

Sumber daya alam (SDA) merupakan segala macam sumber daya yang sifatnya heterogen dan kompleks, baik yang berwujud sumber daya alam yang siap pakai maupun yang masih tersimpan di dalam alam. Sumber daya alam mencakup semua sumber daya yang ada di bumi, baik benda hidup maupun benda mati, yang mempunyai kegunaan bagi manusia, dan pengelolaannya harus memenuhi kriteria-kriteria: teknologi, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dilihat dari sifatnya, sumber daya alam mempunyai sifat sebagai berikut: merupakan sesuatu yang mempunyai kegunaan dan mempunyai nilai dalam kondisi dimana kita menemukannya merupakan suatu konsep yang dinamis, artinya: ada kemungkinan dengan terjadinya perubahan teknologi menimbulkan yang semula dianggap tidak berguna, menjadi berguna.
Sumber daya alam yang tersebar di dunia ini, mempunyai kegunaan yang besar bagi kehidupan manusia. Persebaran sumber daya alam antara satu tempat dengan tempat lain, berbeda-beda. Suatu tempat sanggup dikenal sebagai tempat penghasil materi tambang, seperti: minyak dan emas. Akan tetapi, suatu tempat juga sanggup dikenal sebagai tempat penghasil: buah-buahan, sayur mayur, atau hasil hutan. Perbedaan potensi inilah yang mengakibatkan perbedaan keunggulan masing-masing tempat yang dikenal dengan: keunggulan komparatif.
Keunggulan komparatif tersebut mengakibatkan terjadinya interaksi yang berupa kegiatan perdagangan. Kegiatan perdagangan ini dilakukan lantaran masing-masing daerah, mempunyai perbedaan potensi sumber daya alam. Pengelolaan sumber daya alam dilakukan oleh dua pihak, yaitu: pemerintah dan swasta. Pengelola dari pemerintah, yaitu: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sedangkan, pengelola swasta, yaitu: Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Dalam pengelolaan sumber daya alam, pihak pemerintah maupun swasta, sanggup berfungsi sebagai: Operator, Regulator, dan Kontrol. Pengelolaan sumber daya alam yang sinergis antardaerah, akan mendorong pembangunan nasional untuk kemajuan negara.

C. Hakikat Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional pada hakekatnya yaitu upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Pembangunan nasional diwujudkan dalam aneka macam kegiatan, salah satunya yaitu kegiatan industri. Kegiatan industri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengolah materi baku menjadi barang jadi atau setengah jadi.

1. Sumber Daya Alam sebagai Modal Dasar Pembangunan
Seperti yang sudah dijelaskan pada pecahan awal, sumber daya alam mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Sampai ketika ini, Indonesia belum bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam ini dengan baik. Perlu kita ingat bahwa sumber daya alam yang melimpah, bukanlah satu-satunya faktor yang memilih keberhasilan pembangunan nasional. Selain SDA, faktor sumber daya insan juga memegang peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Potensi sumber daya alam yang melimpah, akan sia-sia jikalau tidak dibarengi dengan peningkatan sumber daya insan Indonesia. Oleh lantaran itulah pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk mempersiapkan SDM Indonesia yang unggul.
Berkaitan dengan Sumber Daya Alam strategis sebagai modal dasar pembangunan nasional Indonesia, ternyata Indonesia juga mempunyai cadangan sumber daya energi non-renewable yang dieksplorasi semenjak dahulu, diantaranya:
a) Minyak Bumi Eksplorasi dan pengeboran sumber-sumber minyak di Indonesia telah dilakukan, baik di daratan maupun di dasar laut. Usaha pertambangan minyak di daratan Indonesia terdapat di: · Perlak (Aceh) · Langkat (Sumatera Utara) · Cepu (Jawa Tengah) · Riau dan Jambi · Sungai Gerong (Sumatera Selatan) · Cirebon (Jawa Barat) · Laut Jawa (Jawa Timur) · Kalimantan Selatan · Balikpapan, Pulau Bunyu, Pulau Tarakan (Kalimantan Timur) · Sorong, Biak (Papua) Adapun pemboran minyak lepas pantai Indonesia, terdapat di: · Selat Malaka · Lau Jawa · Laut Cina Selatan · Selat Makassar · Selat Sunda · Laut Sulawesi · Selat Karimata (disekitar Kepulauan Natuna) Sampai tahun 2012 ini, Indonesia masih bisa mengeksploitasi minyak bumi sebesar 207.841.000 barel per tahun. pada tahun 2004, pernah mencapai harga minyak mentah lebih dari $ 50 per barel (1 barel = 119 liter).
 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional
Beruntunglah negara kita yang mempunyai tambang minyak bumi, sehingga harga minyak di Indonesia tidak terlalu tinggi. Minyak mentah dari tempat-tempat pengeboran, dialirkan melalui pipa-pipa minyak atau diangkut dengan kapal-kapal tanker ke tempat-tempat penyulingan untuk diproses menjadi minyak siap pakai. Penyulingan minyak di Indonesia, diantaranya terdapat di: · Pangkalan Brandan (Sumatera Utara) · Dumai (Riau) · Sungai Gerong (Sumatera Selatan) · Plaju (Jambi) · Cilacap (Jawa Tengah) · Balikpapan (Kalimantan Timur)
b) Gas Alam Timbunan (deposit) gas alam, terpisah dengan timbunan minyak bumi. Untuk mendapat gas alam yang terjebak dalam perlapisan batuan, dilakukan pengeboran. Gas alam hasil pengeboran itu dialirkan lebih dahulu ke kilang pencairan untuk dicairkan. Gas alam, disimpan dalam tangki-tangki penyimpanan. Gas alam cair, disebut LPG (Liquid Petroleum Gas) atau disebut oula LNG (Liquid Natural Gas).


 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasional
 


















Proses pencairan gas alam, dihasilkan pula sejenis minyak ringan yang sanggup dijadikan materi baku untuk industri: plastik, pupuk, dan sebagainya. Di Indonesia, sumber gas alam yang terbesar terdapat di Kepulauan Natuna. Tempat lainnya, adalah: Bontang (Kalimantan Timur) dan Arun (Nanggroe Aceh Darussalam). Selain diekspor, gas alam juga untuk memenuhi kebutuhan pabrik pupuk Iskandar Muda dan pabrik pupuk Asean di Aceh.
 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan Nasionalc) Batu Bara Pertambangan kerikil bara yang pertama di Indonesia, dilakukan pada tahun 1849 di Pengaron (Kalimantan Timur). Berikutnya di Umbilin (Sumatera Barat) pada tahun 1892, dan Bukit Asam (Sumatera Selatan) pada tahun 1919. Di Bukit Asam, endapan kerikil bara berada didekat permukaan tanah. Batu bara yang dihasilkan di Bukit Asam, termasuk kerikil bara renta yang berkualitas tinggi, sedangkan kerikil bara di tempat lain di Indonesia termasuk kerikil bara muda. Indonesia penyumbang kerikil bara tertinggi ke-3 dunia.

Sumber daya mineral atau tambang, merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia. 30 macam mineral utama, terdapat di Indonesia. Mineral tersebut, adalah: emas, perak, tembaga, nikel, timah putih, timah hitam, aluminium, besi, mangan, chromit, minyak bumi, gas bumi, kerikil bara, yodium, aneka macam garam, aneka macam mineral industri (asbes, bentonit, zeolit, belerang, fosfat, kerikil gamping), kerikil mulia termasuk intan, dan materi bangunan. Mineral tersebut sanggup dijadikan sebagai materi baku industri yang ketika diolah akan memperlihatkan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Saat ini, ekspor materi mineral mentah sudah mulai dikurangi. Hal ini disebabkan mengekspor materi mentah, hanya mempunyai nilai tambah yang kecil apabila dibandingkan dengan mengekspor olahan dari mineral.
Berikut yaitu sumber daya alam logam yang terkenal di Indonesia yang mempunyai komparasi dengan negara lain, yaitu:
a) Bijih Besi
Bijih besi biasanya bercampur dengan pasir vulkanik, berwarna hitam mengkilat. Pertmbangan bijih besi: Sumbar, NTB, Kalsel, Jabar, Jateng, Irja, Sulteng, dan Sulsel.
b) Nikel
Nikel merupakan logam yang biasa digunakan sebagai materi adonan pada pembuatan aneka macam barang dengan materi baku logam, seperti: kuningan, perunggu, dan besi. Nikel mempunyai kegunaan untuk memperkeras logam adonan yang dihasilkan. Digunakan juga untuk melapisi logam lain supaya tampak mengkilat dan tahan karat. Daerah penghasil nikel: Soroako (Sulsel), Pomala (Sultra), dan Irian Jaya. Di Soroako, penambangan nikel dilengkapi dengan pabrik peleburan dan pemurnian yang modern.
c) Timah Putih
Timah putih yaitu logam berwarna putih yang tahan karat, biasa digunakan pada industry: mesin, kaleng, dan juga sebagai materi patri. Penambangan timah terdapat di Pulau Belitung dan Singkep.
d) Tembaga
Penambangan bijih tembaga yang terbesar di Indonesia, terdapat di Irian Jaya pecahan Tengah. Di Kota Tebagapura dibangun pabrik peleburan bijih tembaga modern pada tahun 1972. Daerah penghasil lainnya, adalah: Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.
e) Emas dan Perak
Emas termasuk golongan materi vital. Emas dan perak biasanya ditemukan pada pertambangan tembaga, berbentuk uarat-urat emas didalam batuan kuarsa. Pertambangan Emas dan perak terdapat di Banten Selatan (Cikotok), Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Irian Jaya pecahan Tengah.
f) Bauksit
Bauksit merupakan bijih logam aluminium, yaitu sejenis logam yang ringan dan tidak gampang berkarat. Bauksit didapat dalam bentuk lumpur kemudian dilebur hingga diperoleh logam aliminium. Bauksit banyak terdapat di: Sanggau (Kalbar), Lubuk Linggau (Sumsel), dan Pulau Bintan (Kepri). Pabrik peleburan bauksit menjadi aluminium pertama di Indonesia dibangun di Asahan (Sumut).
Sedangkan sumber daya alam non logam yang terkenal di Indonesia yang mempunyai komparasi dengan negara lain, yaitu:
a) Belerang
Belerang merupakan mineral vulkanis, yang banyak dihasilkan di kawah-kawah gunung berapi. Bahan ini banyak digunakan dalam industri-industri: materi kimia, pupuk, korek api, materi peledak, dan obat-obatan. Sebaran tambang belerang, antara lain: Gunung Ijen (Jatim), Gunung Telaga Bodas (Jabar), dan Gunung Welirang.
b) Kaolin
Kata kaolin berasal dari Cina, yang berarti: gunung yang tinggi. Di gunung yang tinggi itulah terdapat tanah liat, yang apabila diproduksi akan menjadi keramik berkualitas sangat baik. Kaolin merupakan materi dasar untuk pembuatan keramik. Pulau Bangka dan Belitung, merupakan tempat penghasil kaolin.
c) Fosfat
Fosfat berasal dari persenyawaan antara pospor didalam kotoran dan sisa-sisa binatang yang hidup di gua-gua, dan kerikil gamping di dasar gua. Bahan tersebut, banyak ditemukan di daerah-daerah kapur. Fosfat yaitu salah satu komponen materi baku yang cukup penting, dalam pembuatan pupuk untuk tanaman. Sebaran fosfat ada di daerah: Bogor, Kebumen, Grobogan, Pati (Jawa Tengah), Gresik dan Sampang (Madura).
d) Marmer
Marmer atau kerikil pualam, merupakan hasil perubahan bentuk atau metamorfosis dari kerikil gamping. Marmer ketika ini banyak dimanfaatkan sebagai ornamen bangunan, dan perabotan rumah tangga. Sebaran pertambangan marmer, terdapat di Tulungagung (Jawa Timur) dan Citatah (Jawa Barat).
 Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia  Fungsi Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia dan Pembangunan NasionalPembangunan berkelanjutan ini tentunya tidak terlepas dari ekonomi pembangunanyang sanggup diartikan sebagai pecahan dari Ilmu ekonomi yang perjuangan insan atau suatu bangsa meningkatkan taraf hidupnya melalui peningkatanpendapatan Nasional perkapita, retribusi pendapatan serta menghapuskan kemiskinan. Sedangkan yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi adalahusaha-usaha bagaimana insan atau suatu bangsa berusaha meningkatkan standar hidupnya ketaraf yang lebih baik dengan distribusi pendapatan yang lebih merata tanpa kemiskinan dan kebodohan bagi bangsa tersebut. Keberlanjutan pembangunand apat didefinisikan dalam arti luas yaitu bahwa generasi yang akan tiba harus berada dalam posisi yang tidak lebih jelek daripada generasi sekarang.

Generasi kini boleh mempunyai sumber daya alam serta melaksanakan aneka macam pilihan dalampenggunaannya namun harus tetap menjaga keberadaannya, sedangkan generasiyang akan tiba walaupun mempunyai tingkat teknologi dan pengetahuan yang lebihbaik serta persediaan kapital buatan insan yang lebih memadai. Kaprikornus yangpending dalam konsep ini yaitu bahwa generasi kini maupun generasi akandatang tetap dalam keadaan terpenuhi kebutuhan hidupnya. Dapat diambil suatukesimpulan pembangunan berkelanjutan bila tidak ada duduk kasus ketidak merataanantar generasi (intergenerational inequality). Pembangunan berkelanjutan tidak berarti pembangunan di bidang ekonomi sajat etapi menyerupai yang telah dicantumkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negarapembangunan ekonomi harus didahulukan dengan perkiraan bahwa keberhasilanpembangunan di bidang ekonomi akan membawa aneka macam fasilitas dalampembangunan bidang-bidang lain.
Pentingya peranan sumber daya alam dalam pembangunan berkelanjutan, tanpa menghindari kepunahan dari sumber daya alam itu sendiri. Oleh lantaran itu perlu adanya pengelolaan dan pengendalian melalui aneka macam perjuangan antara lain:
a. Pengambilan sumber daya alam dihentikan melebihi tingkat pertumbuhan.
b. Kapasitas lingkungan dalam menyerap pencemaran dihentikan berkurang.
c. Melestarikan fungsi lingkungan baik sebagai sumber materi mentah maupun sebagai penampung limbah.
d. Menyatukan pemikiran ekonomi dengan ekologi.
e. Peran serta masyarakat setempat dalam pengelolaan sumber daya lingkungan ditingkatkan melalui penyuluhan-penyuluhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945