Manfaat Aloe Vera



2.1  LIDAH BUAYA ( ALOE VERA )
      Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang sudah dikenal oleh masyarakat secara umum. Lidah buaya ( Aloevera Linn) merupakn suatu tumbuhan yang sangat pendek dan hampir tidak terlihat lantaran tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam tanah. Daun pengecap buaya berbentuk tombak dan bunganya berbentuk terompet. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, bewarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin di permukaannya. Sedangkan bunganya  panjangnya kira-kira hanya 2-3 cm, berwarna kuning dan tersusun berjuntai melingkari ujung tungkai menjulang ke atas. Tata nama dalam sistematika (taksonomi) tumbuh-tumbuhan sebagai berikut :
      Kingdom     : Plantae
Division    : Spermatophyta
      Kelas       : Monocotyledoneae
      Ordo        : Liliflorae
      Familia     : Rubbiaceae
      Genus       : Aloevera
      Spesies     : Aloevera Linn
Tanaman Lidah Buaya ( aloevera linn ) sudah dikenal semenjak ribuan tahun silam. Tumbuhan ini sanggup tumbuh di kawasan kering, menyerupai Afrika, Asia dan Amerika. Hal ini disebabkan tumbuhan ini sanggup menutup stomata ( verbal ) daun sampai rapat sehingga pada isu terkini kemarau untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Lidah buaya juga sanggup tumbuh di kawasan beriklim dingin. Kelemahanya, jikalau ditanam di kawasan berair dengan curah hujan tinggi, gampang terjangkit penyakit cendawan. Lidah buaya masuk ke Indonesia dibawa oleh petani keturunan Cina pada era ke-17. Ada tiga jenis tumbuhan pengecap buaya yng mempunyai nilai komersial yang tinggi antara lain:
1)  Aloevera Barbandensis Miller berasal dari Amerika
2)  Aloevera Ferox berasal dari Afrika
3)  Aloevera Sinensis Berasal dari Asia
Tanaman Lidah Buaya mempunyai 200 jenis di dunia. Tapi yang biasanya paling banyak dipakai untuk pengobatan antara lain:
1)  Aloevera Barbandesis Miller
2)  Aloevera Ferox
3)  Aloevera Sinensis
4)  Aloevera Linn
2.2  Zat penting dalam Lidah Buaya
Dalam pengecap buaya banyak mengandung zat-zat bermanfaat bagi badan manusia. Diantaranya ialah pengecap buaya mengandung Aloe Latexs, zat tersebut sanggup menghasilkan antrakuinon glycosidesaloin A dan B. Zat-zat ini mempunyai manfaat sebagai obat pencahar yang besar lengan berkuasa dan membantu gerakan usus dalam mencerna makanan. Berikutnya tumbuhan pengecap buaya mempunyai 72 jenis zat bermanfaat. Diantara ke-72 zat ini terdapat 18 macam Asam Amino,  Karbohidrat, Lemak,  Air, Vitamin, Mineral, Enzim, Hormon, Dan zat golongan obat. Antara lain Antibiotik, Antiseptik, Antibakteri, Antikanker, Antivirus, Antiaterosklerosis,  Antivirus yang Resisten terhadap Antibiotik. Lidah buaya juga mengandung beberapa unsur mineral ada juga yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Misalnya Vitamin C, Vitamin A, dan Zinc.lidah buaya sangat banyak mengandung Antioksidan.
2.3  Rambut
      Rambut ialah cuilan dari badan insan ( rambut kepala ) yang perlu dirawat Sebagian orang menggap rambut sebagai mahkota untuk mempercantik diri khususnya wanita. Ada juga sebagian orang meyakini rambut ialah aurat yang harus ditutup rapat. Tetapi juga harus dirawat dan dijaga kesehatannya. Rambut mempunyai peranan penting dalam badan insan salah satunya melindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung. Rambut banyak jenisnya ada yang tebal, tipis, lembut, kaku, lurus, keriting dan masih banyak jenisnya.Kesehatan rambutpun berbeda-beda targantung perawatanya. Permasalahan rambut juga banyak diantaranya ketombe,rambut rontok, rambut bercabang, rambut kusut, dan masih banyak lagi maka dari itu rambut harus selalu di jaga kesehatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945