Bunyiyang Tidak Dikehendaki Yang Bersumber Dari Alat

KEBISINGAN

Apa yang dimaksud dengan kebisingan ?
Kebisingan ialah semua suara/bunyi yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat-alat proses produksi dan atau alat-alat kerja yang pada tingkat tertentu sanggup menimbulkan gangguan pendengaran.

Apa yang memilih kwalitas suatu bunyi ?
Kwalitas suatu bunyi ditentukan oleh frekuensi dan intensitasnya. Frekuensi dinyatakan dalam jumlah getaran perdetik ( Hertz,Hz ), sedangkan intensitas  atau arus energi persatuan luas biasanya dinyatakan dalam suatu logaritmis yang disebut desibel ditulis dBA atau dB(A)

Pada frekuensi berapa indera pendengaran insan bisa mendengar ?
Telinga insan bisa mendengar pada frekuensi antara 16 – 20.000 Hz. 

Berapa Nilai Ambang Batas ( NAB ) kebisingan yang ditetapkan sesuai ketentuan ?
Sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : KEP-51/MEN/1999 ialah 85 desi Bell A        ( dBA ), untuk waktu pemajanan 8 jam perhari. Dan untuk kebisingan lebih dari 140 dBA walaupun sesaat pemajanan tidak diperkenankan.

Lalu apakah di Pabrik Pupuk Kaltim, ada kebisingan diatas 85 dB ?
Ya. Di lokasi-lokasi tertentu ada kebisingan diatas 85 dBA, pada umumnya dari hasil pemantauan tertinggi masih dibawah 110 dBA, dan sudah dibuatkan rambu sebagai panduan dimana bila masuk ke lokasi tersebut harus memakai alat pelindung telinga.( ear protector )

Ada berapa macam alat pelindung indera pendengaran ?
Alat pelindung indera pendengaran ada 2 macam, yaitu sumbat telinga  ( ear plug ) dan tutup indera pendengaran ( ear muff ). Sumbat indera pendengaran jenisnya ada yang permanen dan jenis sekali pakai, sedang tutup indera pendengaran jenisnya sama, hanya dibedakan ada yang eksklusif dilekatkan di helmet atau tidak dilekatkan di helmet tetapi memakai headband/ikat kepala namun sering mengganggu alat pelindung lainnya.

Bagaimana memilih sumbat indera pendengaran ( ear plug ) yang baik ?
Sumbat indera pendengaran yang baik ialah menahan frekuensi tertentu saja, sedangkan frekuensi untuk bicara biasanya ( komunikasi ) tidak terganggu.Bahan sumbat indera pendengaran ada yang terbuat dari karet, plastik keras, plastik lunak, lilin dan kapas. Yang disenangi ialah jenis karet dan plastik lunak sebab bisa menyesuaikan bentuk dengan lobang telinga 

Seberapa efektif kebisingan yang sanggup dilindungi dengan sumbat telinga?
Bila pemakaiannya baik, daya atenuasi ( daya lindung ) 25-30 dB, bila ada kebocoran dalam pemakaian sanggup mengurangi atenuasi hingga 15 dBA lebih.

Lalu jikalau memakai tutup indera pendengaran ( ear muff ) seberapa efektif kebisingan yang sanggup dilindungi ?
Tutup indera pendengaran ( ear muff ) daya atenuasinya ( daya lindung ) hingga 42 dBA ( 35 – 45 dBA ). Untuk keadaan khusus sanggup dikombinasikan antara tutup telinga  dengan sumbat telinga, sehingga sanggup atenuasi yang lebih tinggi; tapi tidak lebih dari 50 dBA, sebab hantaran bunyi melalui tulang masih ada.


TELINGA / PENDENGARAN AKAN TETAP TERJAGA DENGAN BAIK , BILA ALAT PELINDUNG TELINGA DIGUNAKAN SEBAGAI MANA MESTINYA, KHUSUSNYA DIDAERAH SUMBER BUNYI DIATAS 85 dBA.


K3LH/Hiperkes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945