Bagaimana Imbas Imbas Perubahan Lapisan Ozon Terhadap Imbas Radiasi?


Berkurangnya konsentrasi ozon akan menjadikan semakin tingginya tingkat radiasi ultraviolet yang sanggup mencapai permukaan bumi. Pancaran radiasi ultraviolet yang merupakan pecahan dari sinar matahari sesungguhnya tidak berubah, namun semakin berkurangnya ozon maka berkurang pula derma sehingga lebih banyak lagi radiasi ultraviolet yang bisa mencapai permukaan Bumi.
·         Dampaknya Terhadap Kesehatan Manusia
Hasil studi laboratorium dan epidemiologis mengatakan bahwa ultraviolet menjadikan kanker kulit nonmelanoma dan memainkan tugas utama dalam perkembangan malignant melanoma. Disamping itu, ultraviolet juga sanggup menjadikan katarak. Seluruh sinar matahari sesungguhnya mengandung ultraviolet, sekalipun dalam kondisi ozon yang natural. Dengan demikian penting bagi kita untuk selalu membatasi paparan pribadi terhadap sinar matahari. Namun demikian, penipisan lapisan ozon akan meningkatkan jumlah radiasi ultraviolet dan akan meningkatkan resiko terhadap kesehatan manusia.
·         Dampaknya Terhadap Tanaman
Proses fisiologis dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh radiasi ultraviolet-B. Terlepas dari prosedur untuk mengurangi atau memperbaiki dampak tersebut dan terbatasnya kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap meningkatnya tingkat ultraviolet-B, pertumbuhan tumbuhan sanggup secara pribadi dipengaruhi oleh radiasi ultraviolet-B.
Perubahan tidak pribadi yang disebabkan oleh ultraviolet-B menyerupai perubahan bentuk tanaman, perubahan distribusi nutrisi di dalam tanaman, perubahan waktu fase pertumbuhan dan metabolisme sekunder, barangkali bisa sama pentingnya atau bahkan lebih penting dari kerusakan tumbuhan akhir radiasi ultraviolet-B. Perubahan tersebut sanggup berimplikasi penting terhadap keseimbangan kompetitif dari tumbuhan , penyakit tanaman, dan siklus biogeokimia.
·         Dampaknya Terhadap Ekosistem Laut
Phytoplankton membentuk fondasi rantai masakan di perairan. Produktivitas phytoplankton terbatas pada zona euphotic, yaitu lapisan atas dari kolom air dimana cukup tersedia sinar matahari untuk mendukung produktivitas neto. Posisi dari or ganisme di zona euphotic dipengaruhi oleh prilaku angin dan gelombang. Disamping itu terdapat juga phytoplankton yang bisa secara aktif bergerak sehingga sanggup meningkatkan produktivitasnya, sehingga mereka bisa bertahan. Paparan pribadi terhadap radiasi ultraviolet-B matahari kuat baik terhadap prosedur orientasi dan motilitas di dalam phytoplankton, menjadikan menurunnya tingkat hidup dari organisme ini. Para peneliti telah mendemonstrasikan adanya suatu korelasi pribadi di dalam produksi phytoplankton akhir penipisan lapisan ozon yang mengarah pada peningkatan radiasi ultraviolet-B. Sebuah studi telah mengatakan terjadinya penurunan sebesar 6 - 12% di kawasan yang miskin ozon.
Radiasi ultraviolet-B juga telah diketahui sanggup menjadikan kerusakan pada tahap pertumbuhan awal ikan, udang, kepiting, jenis ampibi dan hewan lainnya. Dampak yang paling jelek ialah menurunnya kapasitas reproduksi dan pertumbuhan larva. Dalam keadaan normalpun radiasi ultraviolet-B matahari merupakan faktor pembatas, dan peningkatan sedikit saja paparan pribadi terhadap radiasi ultraviolet-B sanggup mempunyai dampak yang signifikan terhadap polpulasi hewan perairan.
·         Dampaknya Terhadap Siklus Biogeokimia
Meningkatnya radiasi ultraviolet matahari sanggup mensugesti siklus biogeokimia di daratan dan di perairan, dengan demikian akan merubah baik sumber (sources) dan rosot (sinks) dari gas rumah beling dan gas telusur penting lainnya menyerupai karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), carbonyl sulfide (COS) dan gas-gas lainnya termasuk ozon. Kemungkinan terjadi perubahan menyerupai ini akan berkontribusi terhadap biosphere-atmosphere feedbacks yang memperlemah atau memperkuat pembentukan gas-gas tersebut atmosfir.

·         Dampaknya Terhadap Berbagai Jenis Bahan
Polimer sintetis, dan polimer alami (biopolymer), serta aneka macam materi komersial lainnya sangat dipengaruhi oleh radiasi ultraviolet matahari. Berbagai jenis materi yang ada dikala ini sanggup terlindung dari radiasi ultraviolet lantaran memakai beberapa materi aditiv khusus. Dengan demikian adanya penigkatan tingkat radiasi ultraviolet-B matahari akan mempercepat terjadinya kerusakan bahan, memperpendek waktu pakainya di luar ruangan (outdoor).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945