Perbedaan Takaran Radiasi


 Jelaskan perbedaan takaran radiasi yang boleh kita terima!
            Jawab:
            Seperti kita ketahui, satuan kegiatan yaitu Bq. Namun, kegiatan atau nilai Bq tidak mengungkapkan risiko yang diakibatkan oleh suatu sumber radiasi. Suatu sumber radiasi sebesar 100 milyar Becquerel mungkin tidak berbahaya sama sekali (pada jarak 100 meter) atau mematikan jikalau dimakan. Untuk menggambarkan jadinya kita memerlukan konsep lain, yang sanggup memperlihatkan jumlah energi radiasi yang diserap oleh jaringan-jaringan, dan jawaban kerusakan biologisnya. Jumlah dikenal sebagai takaran radiasi atau sering hanya disebut takaran saja.
1 badan insan remaja (100 Bq/kg)
7000 Bq
1 kg kopi
1000 Bq
1 kg superphosphate fertiliser
5000 Bq
Udara 100 m2 di dalam rumah (radon) di Australia
3000 Bq
Udara 100 m2 di dalam rumah (radon) di Eropa
30.000 Bq
1 detektor asam dalam rumah (mengandung americium)
30.000 Bq
1 kg uranium ore (Kanada, 15%)
25 Juta Bq
1 kg uranium ore (Australia, 0.3%)
500 000 Bq
1 kg limbah radioaktif tingkat rendah
1 Juta Bq
1 kg abu batubara
2000 Bq
1 kg kerikil granit
1000 Bq
            Satuan dasar takaran radiasi dalam sistem satuan internasional (sistem SI) yaitu Sievert (Sv). Akan tetapi lebih mudah untuk menggunakan 1/1000 sievert atau milisievert. Beberapa negara menggunakan satuan yang dinamakan rem atau 1/1000 nya, yaitu mrem (milirem). 1 Sv = 100 rem, maka 1 rem = 0,01 Sv. Selanjutnya kita hanya akan menggunakan satuan mSv, yang merupakan satuan takaran yang paling umum dipakai.
            Laju takaran memperlihatkan intensitas radiasi. Laju takaran memperlihatkan takaran yang diterima dalam satuan waktu, contohnya dalam satu jam. Contohnya, jikalau takaran yang diterima perjamnya yaitu 0,5 mSv, tingkat dosisnya yaitu 0,5 mSv/jam. Dalam 2 jam takaran yang diterima 1 mSv dan dalam 6 jam 3 mSv. Jika laju takaran dalam nuangan dimana seseorang bekerja yaitu 0,1 mSv/jam dan telah ditentukan bahwa takaran yang diterima orang itu dibatasi hingga 2 mSv, maka gampang untuk menghitung bahwa pekerjaan itu harus sudah selesai dalam 20 jam.
            Dosis diukur dengan alat dosimeter dan Iaju takaran diukur dengan alat ukur Iaju dosis.  Pada stasiun pembangkit nuklir dan di banyak forum penelitian, peralatan elektronik yang disebut real-time dosimeter juga digunakan. Alat ini kira-kira sebesar kalkulator saku dan takaran yang terkumpul sanggup diperiksa setiap saat. Seseorang juga sanggup memutuskan batas takaran pada alat monitor peringatan (alarm), dimana dosimeter tersebut mengeluarkan suara apabila tingkat takaran meningkat, atau menawarkan peringatan bila mencapai takaran yang telah ditetapkan. Alat ini sangat membantu orang-orang yang harus bekerja di kawasan yang beradiasi sangat intensif.
            Menurut rekomendasi terakhir oleh ICRP seseorang yang di kawasan kerjanya terkena radiasi dihentikan mendapatkan lebih dan 50 mSv pertahun dan rata-rata pertahun selama 5 tahun dihentikan lebih 20 mSv. Nilai maksimum ini disebut batas dosis. Jika seorang perempuan hamil yang di kawasan kerjanya terkena radiasi, diterapkan batas radiasi yang lebih ketat. Dosis radiasi paling tinggi yang diizinkan selama kehamilan, sehabis melalui tes-tes yaitu 2 mSv.
Masyarakat umum dilindungi terhadap radiasi dengan memutuskan bahwa tidak ada satu kegiatanpun yang boleh mengenai masyarakat dengan takaran melebihi rata-rata 1 mSv pertahun dan dihentikan ada satupun insiden yang boleh mengakibatkan masyarakat mendapatkan Iebih dan 5 mSv. Seluruh batas takaran di atas didasarkan pada rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh ICRP. Pada banyak negara batas-batas ini dijelaskan oleh UU dan Peraturan Pemerintah.
            Pada perkara stasiun pembangkit tenaga nuklir, pihak pengawas yang berwenang sering menentukan batas-batas yang bahkan lebih ketat. Secara khusus takaran tertinggi yang diizinkan bagi orang-orang yang tinggal di sekitar sentra pembangkit tenaga nuklir yang melepaskan radioaktif yaitu 0,1 mSv pertahun. Pada kenyataannya kebanyakan pembangkit tenaga nuklir hanya melepaskan persentase kecil dan nilai tersebut, yaitu antara 0,001 dan 0,01 mSv per tahun.
            Manusia telah mempelajari dampak radiasi selama lebih dari seratus tahun. Tidak banyak faktor risiko yang diketahui begitu rinci ibarat radiasi. Inilah yang memungkinkan untuk menentukan batas takaran untuk para pekerja sehingga risiko pekerjaan sama dengan pekerjaan-pekerjaan lain yang dianggap aman. Nilai takaran dalam sebuah dosimeter misalnya, sanggup dibaca sebulan sekali dan gosip ini disimpan di dalam sebuah daftar dosis. Dengan cara ini sanggup diyakinkan bahwa tidak seorangpun akan mendapatkan takaran melebihi dan batas takaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
            Namun, perlindungan radiasi mempunyai target yang Iebih menantang daripada hanya mempertahankan takaran di bawah batas yang telah ditetapkan. Batas takaran juga harus sanggup dibenarkan dan dioptimalkan. ICRP telah merekomendasi 3 prinsip berikut ini yang harus diamati
1.    Prinsip justifikasi, yaitu: manfaat yang diperoleh dan aktivitas-aktivitas termasuk paparan radiasi harus Iebih besar daripada kerugiannya.
2.    Prinsip optimasi, yaitu: paparan radiasi harus tetap serendah - rendahnya yang layaknya sanggup dicapai (as low as reasonably achievable/ALARA concept)
3.    Proteksi bagi individu, yaitu: semua takaran harus tetap di bawah batas takaran yang telah ditentukan.
Dalam pengobatan, mustahil menerapkan batas takaran bagi para pasien. Pada investigasi sinar-X, seseorang mendapatkan takaran beberapa kali melebihi batas yang ditentukan bagi masyarakat, dan dalam radioterapi batas takaran seratus kali melebihi batas yang ditentukan untuk para pekerja yang di kawasan kerjanya terkena radiasi. Pemikirannya yaitu bahwa manfaat yang diperoleh dan pengobatan ini lebih besar daripada ancaman yang diakibatkan oleh takaran yang diberikan, walaupun takaran yang diberikan tinggi. Tanpa radioterapi dan tanpa mendapatkan takaran radiasi, dampak kanker, misalnya, tetap berakibat fatal.
            Pada investigasi rutin dengan sinar-X secara kolektif, sejumlah besar orang terkena radiasi cukup banyak. Secara teoritis, ini mengakibatkan risiko tertentu bagi populasi tersebut. Namun. investigasi ini mengungkapkan tanda­tanda dan banyak sekali macam perkara penyakit yang mematikan pada tahap awalnya sehingga risiko yang mungkin diakibatkan oleb radiasi tidaklah begitu berat dibandingkan manfaatnya. Orang-orang yang mengoperasikan mesin sinar-X sudah tentu dimonitor dan diharuskan menggunakan dosimeter.
            Dosis mereka dihentikan melewati batas. Di bawah ini rangkuman batas takaran dan takaran radiasi yang boleh diterima setiap hari. Batas-Batas Dosis Yang Paling Penting:
Para pekerja radiasi                                     * rata-rata 20 mSv per tahun.
                                                                     * maksimum 50 mSv per tahun
                                                                     * selama kehamilan 2 mSv per tahun
Masyarakat umum                                       * rata-rata I mSv per tahun
                                                                     * I insiden 5 mSv.
Dosis-dosis radiasi khusus:
Para pekerja radiasi                                         * rata-rata I hingga 3 mSv per tahun
                                                                        * jangkauan keragaman 0 hingga 20 mSv.
Pemeriksaan dada dengan sinar-X                  * kira-kira 1 mSv permeriksaan
                                                                        * jangkauan keragaman 0,1 hingga 10 Sv
Pemeriksaan seluruh badan dengan sinar-X       * hingga 20 mSv per pemeriksaan
Gas Radon dalam rumah                                    * rata-rata 2 hingga 4 mSv pertahun
   * jangkauan keragaman 0,2 hingga 500   
      mSv
Radiasi latar belakang                                        * kebanyak 1 hingga 2 mSv per tahun
                                                                            * dalam perkara ekstrim hingga 20 mSv
Bahan bangunan                                                 * 0,2 hingga 1 mSv per tahun
Pengaruh stasiun pembangkit listrik
tenaga nuklir terhadap lingkungan                     * maksimum yang diijinkan 0,1 mSv per tahun
                                                                            * kenyataannya sering 0,001 hingga 0,01 mSv

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945