Fungsi Dan Manfaat Internet



Internet merupakan salah satu pecahan dari kemajuan teknologi dunia dan merupakan bukti faktual peradaban insan yang semakin modern. Kemajuan teknologi tidak terlepas dari peranan Internet sebagai media informasi bagi insan di seluruh dunia. Sebagai media informasi, Internet telah bermetamorfosis sebuah media yang menjadi primadona bagi kalangan penyebar dan pencari informasi. Kriteria Internet sebagai media informasi yang fleksibel, murah, cepat dan lengkap menjadikannya sebagai pilihan utama bagi masyarakat dunia.
manfaat Internet dalam banyak sekali bidang kehidupan manusia, diantaranya :
1. Bidang Informasi dan Komunikasi
Sebagai media informasi, Internet akan lebih baik dibandingkan dengan media informasi konvensional berupa koran, majalah maupun media cetak lainnya. Internet jauh lebih efektif dan efisien dibanding penyebaran informasi melalui media cetak. Proses penyebaran informasi melalui Internet sanggup menjangkau banyak sekali wilayah geografis di dunia dengan cepat. Proses penyebaran informasi melalui Internet yang komponen utamanya ialah komputer yang terkoneksi sebuah jaringan, akan lebih ekonomis bila dibandingkan dengan media cetak, dimana komponen utamanya menggunakan ketas dan tinta. Sehingga media informasi melalui Internet ini telah menjadi sebuah sarana penyebaran informasi yang sangat menggembirakan dan menguntungkan bagi umat manusia.
Sebagai media komunikasi, Internet telah bisa memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan masyarakat lainnya, tanpa mengenal perbedaan wilayah geografis dan waktu. Penggunaan web/blog, VoIP dan e-mail merupakan bukti bahwa Internet bisa dipakai sebagai media komunikasi yang efektif. Bandingkan dengan pengiriman surat via pos yang memerlukan hitungan hari apabila dikaitkan dengan faktor jarak tempuh. Pesan yang disampaikan melalui web/blog, VoIP dan e-mail jauh lebih cepat keterima oleh penggunanya. Dalam hitungan detik, pesan yang kita kirim akan hingga di daerah tujuan (pengguna internet).
 2. Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
E-education (Electronic Education) merupakan istilah penggunaan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yang memungkinkan masyarakat sanggup mengakses bahan pendidikan dalam bentuk digital secara online. Antara penyedia bahan dan orang-orang yang memanfaatkan bahan pendidikan, tidak perlu bertemu secara langsung, atau melaksanakan kontak fisik. Melalui media Internet, kita sanggup melaksanakan interaksi dengan pusat-pusat pendidikan yang bangkit dan berbasiskan pada sebuah jaringan Internet. Penerapan Internet sebagai media pendidikan online sanggup kita jumpai dalam banyak sekali bentuk nyata, dari mulai sistem perkuliahan online, media perpustakaan online, kursus online dan lain-lain.
Keuntungan dan manfaat yang sanggup kita peroleh dengan adanya e-Learning dalam bidang pendidikan, diantaranya ialah sebagai berikut :
·                   Dapat menghemat waktu dalam proses berguru mengajar
·                   Dapat mengurangi biaya perjalanan atau transportasi yang dikeluarkan
·                   Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan dan buku-buku)
·                   Dapat menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
·                   Dapat melatih para penuntut ilmu untuk lebih berdikari dalam mendapat ilmu pengetahuan
3. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Para ilmuwan akan menyebarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mereka miliki kemudian saling bertukar pikiran dengan ilmuwan lainnya. Mereka akan saling mengisi dan menyebarkan sehingga memungkinkan menghasilkan Ilmu Pengetahuan serta suatu Teknologi Modern.
Kemajuan suatu Ilmu pengetahuan dan Teknologi akan cepat tersebar dan dirasakan eksklusif oleh masyarakat dunia. Minimal, sebelum teknologi dilihat dan dirasakan secara nyata, kita sanggup lebih dulu mengetahui ihwal informasi teknologi tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk lebih mengenal secara detil teknologi yang sedang berkembang, walaupun kita belum bisa membeli atau mencicipi teknologi tersebut. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Internet telah banyak membantu masyarakat dunia dalam mengenal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kini, relasi antara Internet dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ialah sesuatu yang tidak sanggup dipisahkan, sebab inti dari Internet itu sendiri merupakan hasil Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat membutuhkan jaringan Internet sebagai media penyebaran informasi atas Ilmu Pengatahuan dan Teknologi yang diciptakan.
4. Bidang Bisnis dan Perdagangan
Kenyataan yang sedang berkembang dikala ini ialah bahwa Internet dijadikan sebagai sarana utama para pelaku bisnis dalam mempromosikan dan mempublikasikan perjuangan mereka. Sifatnya yang fleksibel menyebabkan Internet sebagai media yang bisa menjawab tantangan atau hambatan bisnis, ibarat wilayah geografis, promosi, sasaran pemasaran, proses manajemen pembelian dan penjualan, biaya yang dikeluarkan serta kendala-kendala bisnis lainnya. Sehingga fasilitas e-Business ini cukup memuaskan masyarakat terutama bagi yang mempunyai tingkat kesibukan tinggi. Mereka hanya tinggal memilih, meng-klik, dan melaksanakan proses transfer / pembayaran kemudian produk yang dipesan akan tiba ke daerah pembeli.
Berkaitan dengan keunggulan media Internet dibanding media lainnya bagi dunia usaha :
·                   Revenue Stream (aliran pendapatan) akan lebih menjanjikan bahkan lebih besar dibandingkan dengan bisnis konvesional yang mempunyai banyak hambatan dalam proses promosi dan publikasi serta persoalan fleksibilitas.
·                   Operating Cost (biaya operasional) yang lebih kecil dibandingkan bisnis konvensional, sehingga akan meningkatkan tingkat keuntungan yang didapatkan.
·                   Global Reach (jangkauan global) akan lebih gampang untuk diterapkan sebab kelebihan Internet yang sanggup menjangkau seluruh pelosok wilayah geografis di dunia.
·                   Customer Loyality (loyalitas pelanggan) sanggup lebih dibutuhkan dan ditingkatkan sehingga akan menjaga kesinambungan usaha.
·                   Suplier Management (pengaturan pengiriman) yang lebih gampang sebab sanggup menggunakan pihak ketiga sebagai alternatifnya.
·                   High Fleksibility (tingkat fleksibilitas yang tinggi) sebab sanggup dilakukan kapan dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.
5. Bidang Pemerintahan 
Untuk dikala ini kita mengenal istilah e-Goverment dalam pemerintahan kita, walaupun mungkin perkembangannya masih agak tersendat. E-Goverment merupakan suatu bentuk acara manajemen pemerintahan yang diterapkan dengan menggunakan media Internet sebagai sarana untuk penyampaian dan penyebaran informasi dari satu tingkat pemerintahan ke tingkat pemerintahan lainnya maupun dari tingkat pemerintahan ke masyarakat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945