Rangkaian Clipper



Rangkaian clipper (pemotong) berfungsi untuk memotong atau menghilangkan sebagian sinyal masukan yang berada di bawah atau di atas level tertentu. Contoh sederhana dari rangkaian clipper ialah penyearah setengah gelombang. Rangkaian ini memotong atau menghilangkan sebagian sinyal masukan di atas atau di bawah level nol. Rangkaian dasar dari sebuah clipper atau pemotong sinyal sanggup memakai sebuah dioda.
Secara umum rangkaian clipper memakai dioda sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu: rangkaian clipper seri dan rangkaian clipper paralel. Rangkaian clipper seri berarti dioda berafiliasi secara seri dengan beban, sedangkan clipper paralel berarti dioda dipasang paralel dengan beban. Sedangkan untuk masing-masing jenis tersebut dibagi menjadi clipper negatip (pemotong bab negatip) dan clipper positip (pemotong bab positip).
Clipper Seri Poin-poin yang perlu diperhatikan dari rangkaian clipper seri dengan dioda ialah : Dioda dan baterai sebagai rangkaian utama clipper dipasang secara seri dengan sumber sinyal. Bila output rangkaian ialah katoda dioda, maka bab positip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bab negatip akan dipotong (berarti clipper negatip). Bila output rangkaian ialah anoda dioda, maka bab negatip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bab positip akan dipotong (berarti clipper positip).
Besarnya clipping atau pemotongan sinyal ialah tegangan batrai + tegangan dioda (0,7 untuk Si, 0,3 untuk Ge atau Vz jikalau memakai dioda zener) Rangkaian Clipper Seri Positif Dengan Dioda rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif Rangkaian Clipper Seri Negatif Dengan Dioda rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif,clipper tegangan,clipper tegangan positif,clipper tegangan negatif Clipper Parallel Pada clipper dengan dioda tipe parallel ada beberapa poin sebagai berikut : Dioda dan baterai sebagai rangkaian utama clipper dipasang secara paralel dengan jalur output rangkaian. Bila output rangkaian parallel dengan katoda dioda, maka bab positip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bab negatip akan dipotong (berarti clipper negatip). Bila output rangkaian parallel dengan anoda dioda, maka bab negatip dari sinyal input akan dilewatkan, dan bab positip akan dipotong (berarti clipper positip).
Baterai dalam rangkaian cliper ini berfungsi untuk batas pemotongan atau level clipping. Besarnya clipping atau pemotongan sinyal ialah tegangan batrai + tegangan dioda (0,7 untuk Si, 0,3 untuk Ge atau Vz jikalau memakai dioda zener) Rangkaian Clipper Parallel Positif rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif,clipper tegangan,clipper tegangan positif,clipper tegangan negatif,level clipping Rangkaian Clipper Parallel Negatif rangkaian clipper dioda,clipper seri dengan dioda,rangkaian clipper sinyal,pemotong sinyal,clipper paralel dioda,clipper sinyal dioda,teori clipper sinyal,pemotong sinyal,rangkaian clipper paralel,rangkaian clipper dioda,clipper positif,clipper negatif,clipper tegangan,clipper tegangan positif,clipper tegangan negatif,level clipping .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Air Dan Peranannya Dalam Biofisika

Arti Mimpi Naik Tangga Dengan Anak Kecil Menurut Primbon Jawa

Pembukaan Uud 1945